7 tempat wisata di majalengka yang instagramable

7 Tempat Wisata Alam Di Majalengka Yang Indah

Latahza.net – Majalengka, sebuah kabupaten yang berlokasi di bagian timur Jawa Barat ini terbukti punya potensi wisata yang tak boleh dipandang sebelah mata. Daerah Majalengka yang mempunyai perpaduan dataran rendah di bagian utara dan wilayah perbukitan di bagian tengahnya ini membikin kota dengan julukan kota angin ini punya banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

1. Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan Teh Cipasung
Perkebunan Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung sempat menjadi tempat wisata unggulan warga Majalengka dan sekitarnya setelah potret keindahannya banyak dipamerkan di media sosial. Salah satu lokasi paling Instagrammable di Majalengka ini menawarkan nuansa alam yang hijau dan teduh, pantas disambangi para wisatawan yang mendambakan ketenangan dan udara segar. Anda dapat merasakan udara segar sambil berjalan-jalan mengelilingi zona kebun teh yang mempunyai luas hingga 58 hektare ini.

Kebun Teh Cipasung terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka yang juga ialah perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Ciamis. Untuk dapat masuk ke zona kebun teh, pengunjung diwajibkan membayar karcis masuk seharga Rp3.500.

2. Telaga Herang

Telaga Herang Majalengka
Telaga Herang Majalengka

Warga yang tinggal di wilayah Majalengka, Cirebon, Indramayu, dan Kuningan tentunya telah tak
asingg dengan tempat wisata di Majalengka yang satu ini. Telaga Herang ialah danau wisata berair jernih yang dihuni beragam ragam ikan dengan corak cantik. Saking jernihnya, ikan-ikan yang hidup di dalam danau akan nampak begitu jelas oleh mata telanjang. Namun, pengunjung tak diizinkan menangkap ikan di Telaga Herang. Pengunjung yang nekat menangkap ikan-ikan di Telaga Herang akan dikenakan denda dengan jumlah nominal yang lumayan besar.

Baca Juga :

Di Telaga Herang, wisatawan tak cuma dapat merasakan teduh dan jernihnya air danau yang menenteramkan hati dan pikiran. Wisatawan pun dapat mengelilingi zona danau dengan menaiki perahu bebek yang bisa disewa dengan biaya Rp5.000 saja.

3. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten
Wisata Paralayang Gunung Panten

wisata paralayang dengan pemandangan pegunungan dapat Anda peroleh di Majalengka, tepatnya di wilayah wisata paralayang Gunung Panten, Kelurahan Munjul. Di lokasi wisata Majalengka ini, kamu bisa merasakan teduhnya pemandangan Gunung Ciremai, hamparan wilayah persawahan yang hijau, serta lanskap Majalengka dari ketinggian 300 mdpl.

Paralayang bukan satu-satunya wahana menarik yang bisa Anda peroleh di sini. Anda juga bisa mencoba wahana gantole yang telah disiapkan pengelola, tentunya dengan harga paket wisata yang bervariasi. Paket tandem paralayang dipatok dengan harga Rp350.000-Rp450.000, walaupun untuk paket wahana gantole dibanderol mulai Rp450.000-Rp650.000. Harga tersebut tentunya telah termasuk makanan, minuman, suvenir, dan dokumentasi.

4. Curug Cipeteuy

Curug Cipeteuy
Curug Cipeteuy

Curug Cipeuteuy ialah salah satu tempat wisata di Majalengka yang paling populer di media sosial. Nama “cipeuteuy” konon berasal dari sejarah wilayah sekitar curug yang dulunya dikelilingi pohon petai raksasa. Objek wisata} yang juga ialah wilayah hutan konservasi ini terletak di Bumi Perkemahan Desa Bantaragung, atau sekitar 24 km dari arah timur pusat kota Majalengka. Di wilayah wisata ini, Anda tak cuma dapat merasakan segarnya percikan air dari curug, namun juga dapat menyaksikan cantiknya bunga anggrek yang dibudidayakan di dalam hutan lindung.

Tak cuma itu, wilayah konservasi Curug Cipeuteuy pun malah rumah bagi elang jawa serta beragam flora dan fauna lainnya. Mengingat statusnya sebagai wilayah koservasi, para pengunjung diinginkan supaya bisa menjaga kebersihan zona wisata dengan tak membuang sampah sembarangan.

5. Taman Dinosaurus Buana Marga

Taman Dinosaurus Buana Marga
Taman Dinosaurus Buana Marga

Meski sempat telantar selama empat tahun, Taman Dinosaurus Buana Marga perlahan kembali menjadi destinasi wisata unggulan warga Majalengka dan sekitarnya. Tempat wisata di Majalengka yang populer pada era 90-an ini dinamakan taman dinosaurus tak lain karena koleksi patung dinosaurusnya yang berdiri menghiasi seantero zona wisata. Wilayah wisata Dinosaurus Buana Marga pun digadang-gadang bakal menjadi Puncak-nya Majalengka berkat lokasinya yang berdekatan dengan perkebunan teh, vila Buana Puri, bumi perkemahan, serta sirkuit motorcross di sekitarnya.

Diamati dari konsepnya yang unik, Taman Dinosaurus Buana Marga ini tampaknya pantas diwujudkan sebagai destinasi wisata untuk anak kecil. Taman wisata seluas 25 hektare ini terletak di Desa Lemah Putih, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, atau sekitar 40 km dari pusat kota Majalengka. Harga karcis masuk objek wisata ini pun amat terjangkau, yakni hanya Rp10.000 saja.

6. Wana Wisata Cadas Gantung

Wana Wsata Cadas Gantung
Wana Wsata Cadas Gantung

Bila Bandung punya Tebing Keraton, Majalengka pun punya objek wisata serupa, namanya Cadas Gantung. Wanawisata Cadas Gantung terletak di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding. Destinasi wisata puncak bukit ini memang tak gampang untuk dijangkau. Untuk bisa merasakan pemandangan kota dari ketinggian 700 mdpl, para wisatawan semestinya menaklukkan jalur dan membahayakan. Tak perlu cemas, pemandangan cantik dari Cadas Gantung memang amat patut diperjuangkan, terlebih bila Anda menyambanginya dikala matahari terbit atau pun tenggelam.

Wilayah Wana Wisata Cadas Gantung terbukti tak cuma asyik untuk kegiatan pendakian, lo. Di tempat wisata di Majalengka ini Anda pun dapat berkemah bersama teman ataupun keluarga untuk bisa merasakan eloknya pemandangan alam Majalengka dengan lebih puas. Nah, bila Anda beratensi untuk menaklukkan Cadas Gantung, persiapkan lahiriah Anda dengan bagus. Selain itu, pastikan pula Anda menggunakan sepatu dan pakaian yang bisa mempermudah kesibukan. Untuk masuk ke zona Cadas Gantung, pengunjung cuma perlu membayar karcis masuk seharga Rp5.000.

7. Petilasan Prabu Seliwangi

Pentilasan Prabu Seliwangi
Pentilasan Prabu Seliwangi

Majalengka pun tak lupa menawarkan objek wisata ziarah yang semestinya Anda kunjungi, ialah petilasan Prabu Siliwangi yang terletak di Kampung Pajajar, Kecamatan Rajagaluh. Konon, tempat wisata di Majalengka ini ialah tempat istirahat Prabu Siliwangi sebelum akibatnya “moksa”, atau menghilang secara gaib. Petilasan Prabu Siliwangi ini mempunyai format berupa menhir yang senantiasa ditutup kain putih.

Di petilasan Prabu Siliwangi, pengunjung dapat menjumpai monyet yang bergelantungan di rimbunnya pepohonan yang mengelilingi wilayah petilasan. Tak cuma itu, kekuatan tarik lain yang dimiliki tempat wisata bersejarah ini ialah adanya dua mata air yang bernama Telaga Emas dan Telaga Pancuran. Bagi masyarakat setempat, air yang berasal dari dua mata air tersebut dianggap suci. Itulah sebabnya ada tata tertib yang mewajibkan peziarah untuk menyucikan diri dengan air dari dua telaga tersebut.

Baca Juga : 7 tempat wisata di Blitar Yang Instagramable

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.