7 tempat wisata di kotagede

7 Tempat Wisata Di Kotagede Yang Sederhana Namun Indah

Pantas dengan predikatnya sebagai Tempat Istimewa di Indonesia, Yogyakarta bagaikan magnet yang mempunyai daya tarik baru dan spesial untuk dikunjungi. Bagaimana tidak? Mulai dari wisata sejarah hingga perbukitan dan pantai cantik semuanya ada di Jogja.

Bila kamu telah khatam dengan wisata alam Jogja, mungkin inilah saatnya menelusuri beragam tempat menarik yang ada di dalam Kota Jogja sendiri. Sebut saja Kotagede. Apa kamu pernah berkunjung ke Kotagede? Bila belum, simak dulu jalan-jalan di tempat unik dan instagramworthy di Kotagede berikut ini.

1. Lorong Sempit Di Kompleks

Lorong Sempit Di Kompleks

Lorong Sempit Di Kompleks

Kotagede ialah salah satu kota tua di Jogja yang mempunyai julukan sebagai tempat dengan sejuta pintu. Hal ini dikarenakan wilayah Kotagede mempunyai banyak gang-gang kecil dengan bangunan serta pintu-pintu tua yang menyertainya. Rasanya seperti berada di The Shambles-nya Harry Potter, namun dalam versi Jawa. Pemburu foto vintage semestinya mampir ke sini.

Kamu dapat memulai perjalanan dari Gang Soka lalu menelusuri gang-gang kecil lain yang ada di sana. Di bagian dalam pemukiman, akan ada banyak bangunan tua yang amat instagramworthy. Sembari menelusuri lorong sempit pemukiman di sini, kamu juga dapat meresapi kehidupan warga lokal Jogja dari jarak dekat. Asyik sekali, kan?

Baca Juga : Mengintip Keindahan Masjid Agung Banten

2. Mesjid Gede Mataram

Mesjid Gede Mataram

Mesjid Gede Mataram

Salah satumesjid tertua di Jogja ini dari luar nampak seperti pura. Namun bila masuk ke dalam kamu akan mengamati sebuah mesjid dengan arsitektur joglo yang mengesankan. Kesan tua dan klasik menjadi ciri khas yang nampak jelas dari mesjid ini.

Tak jauh dari lokasi mesjid terdapat Makam Panembahan Senopati Sutawijaya yang yaitu pendiri dari Mesjid Gedhe Mataram. Bila kamu suka fotografi dengan latar belakang bangunan klasik Jogja, tempat ini dapat jadi lokasi yang tepat untuk menyalurkan hobimu.

Baca Juga : Wisata Religi Di Bandung Yang Tak Pernah Sepi

3. Tembok Ijo


Tembok Ijo

Tembok dalam Bahasa Jawa artinya dinding, walaupun ijo berarti hijau. Lalu, apa menariknya sebuah tembok hijau? Nah, Tembok Ijo Kotagede ini warna hijaunya bukan berasal dari cat namun dari dedaunan rimbun tanaman merambat yang menutupi temboknya. Tembok ini sebetulnya yaitu bagian dari salah satu bangunan rumah warga.

Keberadaan pintu tua di bagian tengah temboknya membikin kesan rustic vintage semakin kental. Lokasi Tembok Ijo ini tak jauh dari pintu gerbang Gang Soka. Tembok Ijo ini sempat viral di media sosial, lho. Karenanya jangan heran bila mampir ke sini kamu akan mendapati beberapa wisatawan yang sedang asyik berfoto. Beratensi untuk berfoto juga di sini?

Baca Juga : 5 Wisata Religi Di Yogyakarta Rame Di Bulan Ramadhan

4. Mesjid Perak

Mesjid Perak

Mesjid Perak

Tak jauh dari seberang Gang Soka, terdapat sebuah mesjid yang amat istimewa bagi warga Kotagede. Namanya Mesjid Perak. Dinamakan Mesjid Perak karena pembangunan mesjid ini berasal dari sumbangsih para perajin dan penjual perak di Kotagede.

Dari jalan raya, mesjid ini tak terlalu nampak sebab berada di gang sempit khas Kotagede. Meski begitu pun arsitektur mesjid ini memikat mirip seperti mesjid bergaya Mediterania di Spanyol. Kamu pun bebas berfoto di area dalam mesjid, namun tetap jaga ketenangan, ya! Jangan hingga mengganggu jalannya ibadah yang sedang berlangsung.

5.Rumah Persik

Bangunan tua menarik hati lainnya yang juga dapat kamu peroleh di Kotagede ialah Rumah Pesik. Rumah dengan warna hijau jelas ini pasti akan segera mencuri perhatianmu. Apalagi rumahnya nampak amat besar dengan rerimbunan pohon yang nampak keluar dari bagian dalamnya. Membikin siapa pun yang melewati penasaran akan isi rumahnya.

Usut punya usut, Ruumah Pesik ini rupanya sebuah rumah kalang (rumah berpagar tinggi) yang dibeli oleh pengusaha bernama Rudy Pesik. Bagian dalam rumahnya amat mewah dengan paduan arsitektur Jawa dan Eropa yang kental. Rumah Pesik pernah juga dijadikan tempat menginap oleh Presiden Polandia, HE. Lech Walesa pada 2010 lalu lho. Tertarik untuk menginap di sini juga?

Baca Juga : 3 Tempat Wisata Kuliner Di Pandeglang Yang Laris Terus

6. Makam Raja Mataram


Makam Raja Mataram

Selain di Imogiri, rupanya kamu juga dapat menjumpai Makam Raja Mataram di Kotagede, lho! Letaknya tidak jauh dari Mesjid Gedhe Mataram. Untuk dapat masuk ke dalam area makam, kamu diwajibkan memakai busana adat Jawa yang sudah disediakan. Kecuali itu, kamu juga tidak boleh berfoto di area dalam pemakaman ya.

Suasana hening dan khidmat memang seketika terasa dikala memasuki zona makam. Di samping kompleks makam terdapat sebuah pemandian atau sendang yang dipakai oleh para peziarah untuk menyucikan diri. Unik sekali, bukan?

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Kuiner Di Garut Yang Wajib Di Kunjujngi

7. Situs Warungboto

Situs Warungboto

Situs Warungboto

Bila di Keraton kita dapat mampir ke Taman Sari, rupanya tidak jauh dari Kotagede terdapat sebuah pesanggrahan tempat singgah Sultan Ngayogyakarta. Nama tempatnya ialah Situs Warungboto. Wujud arsitekturnya mirip seperti Taman Sari, namun dalam versi yang lebih sederhana.

Tempat ini menjadi populer karena telah dipugar dan dibetuli sehingga menjadi lebih layak untuk dikunjungi. Pun sempat menjadi salah satu tempat pemotretan pre-wedding putri Presiden Joko Widodo. Wah, keren sekali, kan?

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Hemat Kantong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.