masjid agung al aqso klaten

Melihat Kemegahan Masjid Agung Al-Aqso Klaten

Setiap Kota Biasanya Memiliki Tempat Peribadahan Masing-Masing Ynag Menjadi Ikon Dari Kota Tersebut, Seperti Jakarta Yang Memiliki Masjid Istiqlal, Bandung Yang Memiliki Masjid Raya, Depok Yang Yang Memiliki Masjid Kubah Emas, Begitupun Dengan Klaten Yang Memiliki Masjid Agung Al-Aqso.

kota klaten, selain dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak wisata air, namun jangan heran kota ini pun memiliki tempat wisata religi kebanggaan khususnya warga klaten setempat. wisata religi ini menjadi ikon dari kota klaten yaitu masjid Agung Al-Aqso. yuk Lanjutkan Membaca Agar Lebih Tau Lagi Tentang Masjid Agung Al-Aqso Klaten Jawa Tengah.

Pembangunan Masjid Agung Al-Aqso Klaten

Masjid Al-Aqso Klaten
Masjid Al-Aqso Klaten

Lokasi yang dulunya menjadi terminal bis Klaten ini oleh pemerintah disulap menjadi tempat ibadah terbesar kaum muslim di Klaten. Pemerintah menghabiskan APBD sekitar 60 Milyar untuk menggarap lahan ini, jadi dapat dibayangkan alangkah besar niatan pemerintah untuk mempercantik mesjid ini. Rencananya, Mesjid Agung Al Aqsho akan dijadikan sentra kegiatan syiar agama Islam di Klaten.

Bila anda berkunjung ke Masjid Agung Klaten ini, anda akan mengamati masjid ini dibangun di lahan yang amat luas sekitar 5.200 meter persegi. Bagian dalam masjid ini saja sanggup menampung 3.000 jamaah, belum lagi bila zona parkir difungsikan. Zona parkir disini sanggup menampung ratusan motor dan puluhan kendaraan beroda empat jamaah. Selain itu, zona luar masjid ini juga dihias dengan taman dan kolam sehingga zona luar Masjid Agung Klaten tak terkesan gersang.

Baca Juga :

Kemegahan desain khas Timur Tengah akan segera kelihatan dikala anda hendak memasuki masjid. Anda akan disambut dengan pintu utama yang terbuat dari besi berwarana kuning keemasan dengan ukiran ayat-ayat Al Quran. Semacam anda masuk, anda akan hingga pada ruangan serambi luas yang dapat difungsikan untuk kegiatan syiar seperti kajian kitab.

Ruangan utama pada Masjid Agung Klaten ini terletak di lantai dua, untuk menuju kesana tepat di depan pintu utama terdapat tangga yang dipisahkan untuk jamaah putra dan putri selain itu, di masjid ini juga disediakan lift yang dapat mengangkut jamaah untuk menuju ke lantai 2 dan 3.

Mihrab setinggi 10 meter dengan kaligrafi arab keemasan

Mihrob Masjid Al-Aqso Klaten
Mihrob Masjid Al-Aqso Klaten

Lantai dua dari masjid ini ialah ruangan utama, dan disini desain khas Timur Tengah akan semakin terasa. Pada bagian ini, tempat yang dijadikan pengimaman masjid atau sering disebut mihrab akan menyambut anda dengan kemegahan dekorasinya. Mihrab ini mempunyai tinggi sekitar 10 meter berwarna emas dan dihiasi dengan ukiran surat Al Fatihah dan Al Isra’. Pada bagian tenganya terdapat huruf arab bertuliskan Al Aqsha yang ialah nama dari mesjid ini.

Selain bagian mihrab, kubah bagian dalam yang berdiameter besar tersebut tak luput dari kekaguman jamaah. Kubah yang dihias dengan ornamen gaya Timur Tengah dan bagian tengahnya terdapat kaligrafi. Walaupun lantai 3 yang berdesain serupa difungsikan untuk menampung jamaah bila pada lantai 2 telah penuh.

Masjid ini rencananya akan dilengkapi dengan menara masjid yang mempunyai tinggi sekitar 70 m. Menara ini akan difungsikan juga sebagai gardu pandang pada dasarnya, akan namun karena pada penyusunan anggaran pembangunan menara terdapat masalah, ketinggiannya akan diturunkan hingga 35 m saja.

Masjid Agung Klaten juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang komplit seperti ruang transit, kamar mandi bersih, perpustakaan, dan juga ruangan yang dapat digunakan untuk kepentingan jamaah.

Bila anda mau mendapatkan nilai lebih dari keindahan masjid ini, sebaiknya datang di waktu petang hari atau waktu shalat ashar dikala sang surya tak terlalu panas. Anda tak hanya bisa merasakan keindahan dekorasi bagian dalamnya saja, namun juga bagian luar.

View Masjid Agung Al-Aqso Dari Drone

JANGAN LUPA LIKE, SUBSCRIBE, KOMEN, AKTIFKAN LONCENGNYA & SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.